Jangan Sekalipun Melupakan Sejarahfree counters
Click for Kota Samarinda, Indonesia Forecast

Selasa, 09 Oktober 2012

Penggunaan magnet dalam menghancurkan tumor

Penggunaan magnet dalam menghancurkan tumor


Reporter: Rizqi AdnamazidaSelasa, 9 Oktober 2012 14:02:44




Kanker

Ilustrasi sel kanker. ©2012 Shutterstock/Juan Gaertner


Magnet memiliki kekuatan untuk menghancurkan sel kanker. Sehingga penggunaan magnet memunculkan ide sebagai sebuah revolusi terbaru untuk melawan penyakit mematikan tersebut.



Seperti peneliti dari Korea Selatan, mereka tengah mengembangkan metode magnetik untuk memicu sel kanker merusak dirinya sendiri. Mereka pun berencana mengetes teknik penggunaan magnet dalam menghancurkan tumor.



Sebagaimana yang dilansir dari Daily Mail (09/10), pemrograman kematian sel sendiri disebut dengan apoptosis. Apoptosis tersebut merupakan cara alami tubuh menyingkirkan sel yang rusak, tua, dan terinfeksi. Dengan cara diberi sinyal tertentu, sel yang rusak kemudian menyusut dan terpecah belah. Setelah itu, pecahan sel dicerna oleh sel imun yang mirip ameba.



Namun jika seseorang terkena kanker, proses apoptosis sering gagal. Sehingga sel menjadi tak terkontrol.



Kabar baiknya, ada terapi magnetik yang terbaru yang melibatkan penciptaan zat besi nanopartikel yang melekat pada antibodi. Zat besi nanopartikel itu lantas mengikat molekul pada sel tumor.



Ketika magnet diaktifkan, seluruh molekul berkelompok menjadi satu dan pada akhirnya memicu 'sinyal penghancuran.' Proses ini pun meningkatkan harapan pengobatan kanker yang mampu membunuh sel tumor yang sering kebal terhadap kemoterapi.



"Peneliti Korea ini mengembangkan antibodi yang diaktifkan oleh sistem magnetik, sehingga sel kanker bisa menghancurkan dirinya sendiri," tutur Henry Scowcroft dari Cancer Research UK yang tidak terlibat penelitian.



Sisi positif lain dari penelitian yang telah dilaporkan dalam jurnal Nature Materials tersebut juga menyebutkan tidak ada sel sehat yang ikut hancur dalam proses pengobatan magnetik. Selain itu, meskipun penelitian belum diujicobakan pada manusia, setidaknya penemuan menakjubkan ini memberi harapan besar bagi para penderita kanker.



Mulai dengan

[riz]

http://www.merdeka.com/sehat/penggunaan-magnet-dalam-menghancurkan-tumor.html

Tidak ada komentar: