[t-net] Naskah Prabu Siliwangi
KEPADA: 1 Lebih lanjut1 penerimaCC: penerimaAnda Lebih lanjutBCC: penerimaAnda
Sembunyikan Detail DARI:suryana KEPADA:tionghoa-net@yahoogroups.com Pesan berbendera Sabtu, 10 November 2012 23:42 Tulisan dibawah boleh aku dapat dari millis kota Bogor, dan aku kirim
ke T-net karena mengenai Bocah Angon nya memang "pernah " eksis
di Jaman cang Ato menjadi ahli spiritualnya, kemudian meninggalkannya
dan berganti nama menjadi aki gaul/bocah gaul dan sebelumnya
memakai nama Wali Musa.
Percaya dan tidaknya....mbuh gak ngerti, yg pasti berbuat kebaikan akan
menuai kebaikan, dan Indonesia sudah dekat utk di ayak.
++++
Naskah Prabu Siliwangi
Naskah Prabu Siliwangi mengandung hakekat yang sangat tinggi oleh
karena di dalamnya digambarkan situasi kondisi sosial beberapa masa
utama dengan karakter pemimpinnya dalam kurun waktu perjalanan panjang
sejarah negeri ini pasca kepergian Prabu Siliwangi
(ngahyang/menghilang). Peristiwa itu ditandai dengan menghilangnya
Pajajaran.
Sesuai sabda Prabu Siliwangi bahwa kelak kemudian akan ada banyak orang
yang berusaha membuka misteri Pajajaran. Namun yang terjadi mereka yang
berusaha mencari hanyalah 0rang-orang sombong dan takabur.
Seperti diungkapkan dalam naskah tersebut berikut ini :
"Ti mimiti poé ieu, Pajajaran leungit ti alam hirup. Leungit dayeuhna,
leungit nagarana. Pajajaran moal ninggalkeun tapak, jaba ti ngaran
pikeun nu mapay. Sabab bukti anu kari, bakal réa nu malungkir! Tapi
engké jaga bakal aya nu nyoba-nyoba, supaya anu laleungit kapanggih
deui. Nya bisa, ngan mapayna kudu maké amparan. Tapi anu marapayna loba
nu arieu-aing pang pinterna. Mudu arédan heula."
Artinya :
"Semenjak hari ini, Pajajaran hilang dari alam nyata. Hilang kotanya,
hilang negaranya. Pajajaran tidak akan meninggalkan jejak, selain nama
untuk mereka yang berusaha menelusuri. Sebab bukti yang ada akan banyak
yang menolak! tapi suatu saat akan ada yang mencoba, supaya yang hilang
bisa ditemukan kembali. Bisa saja, hanya menelusurinya harus memakai
dasar. Tapi yang menelusurinya banyak yang sok pintar dan sombong. Dan
bahkan berlebihan kalau bicara."
Namun dalam naskah Wangsit Siliwangi ini dikatakan bahwa pada akhirnya
yang mampu membuka misteri Pajajaran adalah sosok yang dikatakan sebagai
"Budak Angon" (Anak Gembala). Sebagai perlambang sosok yang dikatakan
oleh Prabu Siliwangi sebagai orang yang baik perangainya.
"Sakabéh turunan dia ku ngaing bakal dilanglang. Tapi, ngan di waktu anu
perelu. Ngaing bakal datang deui, nulungan nu barutuh, mantuan anu
sarusah, tapi ngan nu hadé laku-lampahna. Mun ngaing datang moal
kadeuleu; mun ngaing nyarita moal kadéngé. Mémang ngaing bakal datang.
Tapi ngan ka nu rancagé haténa, ka nu weruh di semu anu saéstu, anu
ngarti kana wangi anu sajati jeung nu surti lantip pikirna, nu hadé laku
lampahna. Mun ngaing datang; teu ngarupa teu nyawara, tapi méré céré ku
wawangi."
Artinya :
"Semua keturunan kalian akan aku kunjungi, tapi hanya pada waktu
tertentu dan saat diperlukan. Aku akan datang lagi, menolong yang perlu,
membantu yang susah, tapi hanya mereka yang bagus perangainya. Apabila
aku datang takkan terlihat; apabila aku berbicara takkan terdengar.
Memang aku akan datang tapi hanya untuk mereka yang baik hatinya, mereka
yang mengerti dan satu tujuan, yang mengerti tentang harum sejati juga
mempunyai jalan pikiran yang lurus dan bagus tingkah lakunya. Ketika aku
datang, tidak berupa dan bersuara tapi memberi ciri de¬ngan wewangian."
Selanjutnya dikatakan juga apa yang dilakukan oleh sosok "Budak Angon" ini
sbb :
"Aya nu wani ngoréhan terus terus, teu ngahiding ka panglarang; ngoréhan
bari ngalawan, ngalawan sabari seuri. Nyaéta budak angon; imahna di
birit leuwi, pantona batu satangtungeun, kahieuman ku handeuleum,
karimbunan ku hanjuang. Ari ngangonna? Lain kebo lain embé, lain méong
lain banténg, tapi kalakay jeung tutunggul. Inyana jongjon ngorehan,
ngumpulkeun anu kapanggih. Sabagian disumputkeun, sabab acan wayah
ngalalakonkeun. Engke mun geus wayah jeung mangsana, baris loba nu
kabuka jeung raréang ménta dilalakonkeun. Tapi, mudu ngalaman loba
lalakon, anggeus nyorang: undur jaman datang jaman, saban jaman mawa
lalakon. Lilana saban jaman, sarua jeung waktuna nyukma, ngusumah jeung
nitis, laju nitis dipinda sukma."
Artinya :
"Ada yang berani menelusuri terus menerus, tidak mengindahkan larangan,
mencari sambil melawan, melawan sambil tertawa. Dialah Anak Gembala;
Rumahnya di belakang sungai, pintunya setinggi batu, tertutupi pohon
handeuleum dan hanjuang. Apa yang dia gembalakan? bukan kerbau bukan
domba, bukan pula harimau ataupun banteng, tetapi ranting daun kering
dan sisa potongan pohon. Dia terus mencari, mengumpulkan semua yang dia
temui, tapi akan menemui banyak sejarah/kejadian, selesai jaman yang
satu datang lagi satu jaman yang jadi sejarah/kejadian baru, setiap
jaman membuat sejarah. Setiap waktu akan berulang itu dan itu lagi."
Dari bait di atas digambarkan bahwa sosok "Budak Angon" adalah sosok
yang misterius dan tersembunyi. Apa yang dilakukannya bukanlah seperti
seorang penggembala pada umumnya, akan tetapi terus berjalan mencari
hakekat jawaban dan mengumpulkan apa yang menurut orang lain dianggap
sudah tidak berguna atau bermanfaat. Dalam hal ini dilambangkan dengan
ranting daun kering dan tunggak pohon. Sehingga secara hakekat yang
dimaksudkan semua itu sebenarnya adalah hal-hal yang berkaitan dengan
sejarah kejadian (asal-usul/sebab-musabab) termasuk karya-karya warisan
leluhur seperti halnya yang kita baca ini. Dimana hal-hal semacam itu
karena kemajuan jaman oleh generasi digital sekarang ini dianggap sudah
usang/kuno tidak berguna dan bermanfaat. Pada akhirnya yang tersirat
dalam hakekat perjalanan panjang sejarah negeri ini adalah berputarnya
Roda Cokro Manggilingan (pengulangan perjalanan sejarah).
Gambaran situasi jaman dalam naskah Wangsit Siliwangi diawali dengan
lambang datangnya "Kerbau Bule" dan juga "Monyet-monyet" yang kemudian
ganti menyerbu selepas Kerbau Bule pergi. Ilustrasi ini melambangkan
saat datangnya para penjajah yang berdatangan ke negeri ini, baik itu
Portugis maupun Belanda. Dengan politik adu domba mereka maka terjadi
peperangan antar saudara. Sejarah banyak yang hilang dan
diputarbalikkan.
Seperti yang tertulis berikut ini :
"Daréngékeun! Nu kiwari ngamusuhan urang, jaradi rajana ngan bakal nepi
mangsa: tanah bugel sisi Cibantaeun dijieun kandang kebo dongkol. Tah di
dinya, sanagara bakal jadi sampalan, sampalan kebo barulé, nu diangon
ku jalma jangkung nu tutunjuk di alun-alun. Ti harita, raja-raja
dibelenggu. Kebo bulé nyekel bubuntut, turunan urang narik waluku, ngan
narikna henteu karasa, sabab murah jaman seubeuh hakan.
Ti dinya, waluku ditumpakan kunyuk; laju turunan urang aya nu lilir,
tapi lilirna cara nu kara hudang tina ngimpi. Ti nu laleungit, tambah
loba nu manggihna. Tapi loba nu pahili, aya kabawa nu lain mudu diala!
Turunan urang loba nu hanteu engeuh, yén jaman ganti lalakon ! Ti dinya
gehger sanagara. Panto nutup di buburak ku nu ngaranteur pamuka jalan;
tapi jalan nu pasingsal!. Nu tutunjuk nyumput jauh; alun-alun jadi
suwung, kebo bulé kalalabur; laju sampalan nu diranjah monyét! Turunan
urang ngareunah seuri, tapi seuri teu anggeus, sabab kaburu: warung béak
ku monyét, sawah béak ku monyét, leuit béak ku monyét, kebon béak ku
monyét, sawah béak ku monyét, cawéné rareuneuh ku monyét. Sagala-gala
diranjah ku monyét. Turunan urang sieun ku nu niru-niru monyét. Panarat
dicekel ku monyet bari diuk dina bubuntut. Walukuna ditarik ku turunan
urang keneh. Loba nu paraeh kalaparan. ti dinya, turunan urang
ngarep-ngarep pelak jagong, sabari nyanyahoanan maresék caturangga.
Hanteu arengeuh, yén jaman geus ganti deui lalakon."
Artinya :
"Dengarkan! yang saat ini memusuhi kita, akan berkuasa hanya untuk
sementara waktu : tanahnya kering padahal di pinggir sungai Cibantaeun
dijadikan kandang kerbau kosong. Nah di situlah, sebuah negara akan
pecah, pecah oleh kerbau bule, yang digembalakan oleh orang yang tinggi
dan memerintah di pusat kota. Semenjak itu, raja-raja dibelenggu. Kerbau
bule memegang kendali, dan keturunan kita hanya jadi orang suruhan.
Tapi kendali itu tak terasa sebab semuanya serba dipenuhi dan murah
serta banyak pilihan.Semenjak itu, pekerjaan dikuasai monyet. Suatu saat
nanti keturunan kita akan ada yang sadar, tapi sadar seperti terbangun
dari mimpi. Dari yang hilang dulu semakin banyak yang terbongkar. Tapi
banyak yang tertukar sejarahnya, banyak yang dicuri bahkan dijual!
Keturunan kita banyak yang tidak tahu, bahwa jaman sudah berganti! Pada
saat itu geger di seluruh negara. Pintu dihancurkan oleh mereka para
pemimpin, tapi pemimpin yang salah arah!Yang memerintah bersembunyi,
pusat kota kosong, kerbau bule kabur. Negara pecahan diserbu monyet!
keturunan kita enak tertawa, tapi tertawa yang terpotong, sebab
ternyata, pasar habis oleh penyakit, sawah habis oleh penyakit, tempat
padi habis oleh penyakit, kebun habis oleh penyakit, perempuan hamil
oleh penyakit. semuanya diserbu oleh penyakit. Keturunan kita takut oleh
segala yang berbau penyakit. Semua alat digunakan untuk menyembuhkan
penyakit sebab sudah semakin parah. yang mengerjakannya masih bangsa
sendiri. Banyak yang mati kelaparan. Semenjak itu keturunan kita banyak
yang berharap bisa bercocok tanam sambil sok tahu membuka lahan. Mereka
tidak sadar bahwa jaman sudah berganti cerita lagi."
Kemudian akhirnya masuk pada masa Perang Dunia II dengan datangnya
pasukan Jepang yang dilambangkan dengan gemuruh yang datang dari ujung
laut utara. Dimana masa penjajahan Jepang menandai berakhirnya
penindasan di negeri ini. Terutama peristiwa jatuhnya bom atom di
Nagasaki dan Hiroshima oleh Amerika, sebagai perlambang dalam naskah
Wangsit Siliwangi bahwa situasi carut marut yang terjadi ada yang
menghentikan yaitu orang seberang.
"Laju hawar-hawar, ti tungtung sagara kalér ngaguruh ngagulugur, galudra
megarkeun endog. Génjlong saamparan jagat! Ari di urang ? Ramé ku nu
mangpring. Pangpring sabuluh-buluh gading. Monyét ngumpul ting rumpuyuk.
Laju ngamuk turunan urang; ngamukna teu jeung aturan. loba nu paraéh
teu boga dosa. Puguh musuh, dijieun batur; puguh batur disebut musuh.
Ngadak-ngadak loba nu pangkat nu maréntah cara nu édan, nu bingung
tambah baringung; barudak satepak jaradi bapa. nu ngaramuk tambah rosa;
ngamukna teu ngilik bulu. Nu barodas dibuburak, nu harideung
disieuh-sieuh. Mani sahéng buana urang, sabab nu ngaramuk, henteu beda
tina tawon, dipaléngpéng keuna sayangna. Sanusa dijieun jagal. Tapi,
kaburu aya nu nyapih; nu nyapihna urang sabrang."
Artinya :
"Lalu sayup-sayup dari ujung laut utara terdengar gemuruh, burung
menetaskan telur. Riuh seluruh bumi! sementara di sini? Ramai oleh
perang, saling menindas antar sesama. Penyakit bermunculan di sana sini.
Lalu keturunan kita mengamuk: mengamuk tanpa aturan. Banyak yang mati
tanpa dosa, jelas-jelas musuh dijadikan teman; yang jelas-jelas teman
dijadikan musuh. Mendadak banyak pemimpin dengan caranya sendiri. yang
bingung semakin bingung. Banyak anak kecil sudah menjadi bapa. Yang
mengamuk tambah berkuasa; mengamuk tanpa pandang bulu. Yang Putih
dihancurkan, yang Hitam diusir. Kepulauan ini semakin kacau, sebab
banyak yang mengamuk, tidak beda dengan tawon, hanya karena dirusak
sarangnya. Seluruh nusa dihancurkan dan dikejar. Tetapi, ada yang
menghentikan, yang menghentikan adalah orang seberang."
Lalu selanjutnya terdapat suatu masa yang digambarkan dengan munculnya
seorang pemimpin negeri ini dengan gambaran sbb :
"Laju ngadeg deui raja, asalna jalma biasa. Tapi mémang titisan raja.
Titisan raja baheula jeung biangna hiji putri pulo Dewata. da puguh
titisan raja; raja anyar hésé apes ku rogahala!"
Artinya :
"Lalu berdiri lagi penguasa yang berasal dari orang biasa. Tapi memang
keturunan raja dahulu kala dan ibunya adalah seorang putri Pulau Dewata.
Karena jelas keturunan raja; penguasa baru susah dianiaya!"
Siapakah sosok yang dimaksud dalam bait ini? Dia adalah Soekarno,
Presiden RI pertama. Ibunda Soekarno adalah Ida Ayu Nyoman Rai seorang
putri bangsawan Bali. Ayahnya seorang guru bernama Raden Soekeni
Sosrodihardjo. Namun dari penelusuran secara spiritual, ayahanda
Soekarno sejatinya adalah Kanjeng Susuhunan Pakubuwono X. Nama kecil
Soekarno adalah Raden Mas Malikul Koesno. Beliau termasuk "anak ciritan"
dalam lingkaran kraton Solo. (Silakan dibuktikan..) Pada masa
kepemimpinan Soekarno banyak terjadi upaya pembunuhan terhadap diri
beliau, namun selalu saja terlindungi dan terselamatkan.
Selanjutnya setelah berganti masa digambarkan bahwa semakin maju semakin
banyak penguasa yang buta tuli, memerintah sambil menyembah berhala.
Kondisi ini melambangkan pemimpin yang tidak mau mengerti penderitaan
rakyat. Memerintah tidak dengan hati tapi segala sesuatunya hanya
mengandalkan akal pikiran/logika dan kepentingan pribadi ataupun
kelompok sebagai berhalanya. Sehingga yang terjadi digambarkan banyak
muncul peristiwa di luar penalaran. Menjadikan orang-orang pintar hanya
bisa omong alias pinter keblinger.
Seperti yang dikatakan sbb :
"Mingkin hareup mingkin hareup, loba buta nu baruta, naritah deui
nyembah berhala. Laju bubuntut salah nu ngatur, panarat pabeulit dina
cacadan; da nu ngawalukuna lain jalma tukang tani. Nya karuhan: taraté
hépé sawaréh, kembang kapas hapa buahna; buah paré loba nu teu asup kana
aseupan. Da bonganan, nu ngebonna tukang barohong; nu tanina ngan
wungkul jangji; nu palinter loba teuing, ngan pinterna kabalinger."
Artinya :
"Semakin maju semakin banyak penguasa yang buta tuli, memerintah sambil
menyembah berhala. Lalu anak-anak muda salah pergaulan, aturan hanya
menjadi bahan omong¬an, karena yang membuatnya bukan orang yang mengerti
aturan itu sendiri. Sudah pasti: bunga teratai hampa sebagian, bunga
kapas kosong buahnya, buah pare banyak yang tidak masuk kukusan. Sebab
yang berjanjinya banyak tukang bohong, semua diberangus janji-janji
belaka, terlalu banyak orang pintar, tapi pintar keblinger."
Lalu dalam situasi dan kondisi tersebut yang tidak berbeda dengan saat
ini kemudian muncul sosok orang yang dikatakan dalam naskah Wangsit
Siliwangi sbb :
"Ti dinya datang budak janggotan. Datangna sajamang hideung bari nyorén
kanéron butut, ngageuingkeun nu keur sasar, ngélingan nu keur paroho.
Tapi henteu diwararo! Da pinterna kabalinger, hayang meunang sorangan.
Arinyana teu areungeuh, langit anggeus semu beureum, haseup ngebul tina
pirunan. Boro-boro dék ngawaro, malah budak nu janggotan, ku arinyana
ditéwak diasupkeun ka pangbérokan. Laju arinyana ngawut-ngawut dapur
batur, majarkeun néangan musuh; padahal arinyana nyiar-nyiar pimusuheun.
Sing waspada! Sabab engké arinyana, bakal nyaram Pajajaran
didongéngkeun. Sabab sarieuneun kanyahoan, saenyana arinyana anu jadi
gara-gara sagala jadi dangdarat. Buta-buta nu baruta; ming¬kin hareup
mingkin bedegong, ngaleuwihan kebo bulé. Arinyana teu nyaraho, jaman
manusa dikawasaan ku sato!"
Artinya :
"Pada saat itu datang pemuda berjanggut, datangnya memakai baju serba
hitam sambil menyanding sarung tua. Membangunkan semua yang salah arah,
mengingatkan pada yang lupa, tapi tidak dianggap. Karena pintar
keblinger, maunya menang sendiri. Mereka tidak sadar, langit sudah
memerah, asap mengepul dari perapian. Alih-alih dianggap, pemuda
berjanggut ditangkap dimasukan ke penjara. Lalu mereka mengacak-ngacak
tanah orang lain, beralasan mencari musuh tapi sebenarnya mereka sengaja
membuat permusuhan. Waspadalah! sebab mereka nanti akan melarang untuk
menceritakan Pajajaran. Sebab takut ketahuan, bahwa me¬reka yang jadi
gara-gara selama ini. Penguasa yang buta, semakin hari semakin berkuasa
melebihi kerbau bule, mereka tidak sadar jaman manusia sudah dikuasai
oleh kelakuan hewan."
Sosok "Pemuda Berjanggut" di atas adalah lambang laki-laki sejati yang
sangat kuat prinsip dan akidahnya serta selalu eling (dilambangkan
dengan baju serba hitam). Dan dia juga seorang yang tekun dan taat
beribadah serta kuat dalam memegang ajaran leluhur (dilambangkan dengan
menyanding sarung tua). Digambarkan bahwa di tengah situasi negeri yang
panas membara (carut marut) dimana manusia dipenuhi nafsu angkara,
"Pemuda Berjanggut" datang mengingatkan yang pada lupa untuk kembali
eling. Namun tidak dianggap.
Lalu pada alinea menjelang akhir dikatakan :
"Jayana buta-buta, hanteu pati lila; tapi, bongan kacarida teuing
nyangsara ka somah anu pada ngarep-ngarep caringin reuntas di alun-alun.
Buta bakal jaradi wadal, wadal pamolahna sorangan. Iraha mangsana?
Engké, mun geus témbong budak angon! Ti dinya loba nu ribut, ti dapur
laju salembur, ti lembur jadi sanagara! Nu barodo jaradi gélo marantuan
nu garelut, dikokolotan ku budak buncireung! Matakna garelut?
Marebutkeun warisan. Nu hawek hayang loba; nu boga hak marénta
bagianana. Ngan nu aréling caricing. Arinyana mah ngalalajoan. Tapi
kabarérang."
Artinya :
"Kekuasaan penguasa buta tidak berlangsung lama, tapi karena sudah
kelewatan menyengsarakan rakyat yang sudah berharap agar ada mu'jizat
datang untuk mereka. Penguasa itu akan menjadi tumbal, tumbal untuk
perbuatannya sendiri. Kapan waktunya? Nanti, saat munculnya Anak
Gembala! Di situ akan banyak huru-hara, yang bermula di satu daerah
semakin lama semakin besar meluas di seluruh negara. Yang tidak tahu
menjadi gila dan ikut-ikutan menyerobot dan bertengkar, dipimpin oleh
pemuda gendut! Sebabnya bertengkar? memperebutkan tanah. Yang sudah
punya ingin lebih, yang berhak meminta bagiannya. Hanya yang sadar pada
diam, mereka hanya menonton tapi tetap terbawa-bawa."
Situasi tersebut di atas adalah gambaran apa yang terjadi sekarang ini.
Kalau kita perhatikan dengan cermat alinea ini, maka memang saat ini
seluruh rakyat sedang berharap-harap menunggu datangnya mu'jizat di
tengah-tengah carut marut yang sedang berlangsung di negeri ini. Bencana
datang bertubi-tubi. Huru-hara terjadi di mana-mana. Pemuda Gendut
merupakan lambang orang yang rakus dan serakah serta memiliki
kepentingan pribadi. Dalam bait ini dikatakan bahwa penguasa tersebut
akan tumbang pada saat munculnya "Budak Angon". Dimana kemunculannya
ditandai dengan banyak terjadi huru-hara yang bermula di daerah lalu
meluas ke seluruh negeri.
Dalam mengkaji Wangsit Siliwangi ini kita telah menemui lelakon atau
pemeran utama yang dikatakan dengan istilah "Budak Angon" (Anak Gembala)
dan "Budak Janggotan" (Pemuda Berjanggut).
Coba mari kita simak alinea berikut :
"Nu garelut laju rareureuh; laju kakara arengeuh; kabéh gé taya nu
meunang bagian. Sabab warisan sakabéh béak, béakna ku nu nyarekel
gadéan. Buta-buta laju nyarusup, nu garelut jadi kareueung, sarieuneun
ditempuhkeun leungitna nagara. Laju naréangan budak angon, nu saungna di
birit leuwi nu pantona batu satangtung, nu dihateup ku handeuleum
ditihangan ku hanjuang. Naréanganana budak tumbal. sejana dék marénta
tumbal. Tapi, budak angon enggeus euweuh, geus narindak babarengan jeung
budak anu janggotan; geus mariang pindah ngababakan, parindah ka Lebak
Cawéné!"
Artinya :
"Yang bertengkar lalu terdiam dan sadar ternyata mereka memperebutkan
pepesan kosong, sebab tanah sudah habis oleh mereka yang punya uang.
Para penguasa lalu menyusup, yang bertengkar ketakutan, ketakutan
kehilangan negara, lalu mereka mencari Budak Angon, yang rumahnya di
ujung sungai yang pintunya setinggi batu, yang rimbun oleh pohon
handeuleum dan hanjuang. Semua mencari tumbal, tapi Budak Angon sudah
tidak ada, sudah pergi bersama Budak Janggotan, pergi membuka lahan baru
di Lebak Cawéné!"
Perselisihan yang terjadi adalah sia-sia belaka. Karena selalu saja
pihak penguasa membantu yang kuat, berdiri angkuh di atas yang lemah.
Ada saat dimana "wong cilik" sebagai lambang "si lemah yang tertindas"
mencari penuh harap sosok "Budak Angon dan Budak Janggotan." Namun yang
dicari sulit ditemukan karena telah pergi ke Lebak Cawéné. Dimanakah
Lebak Cawéné ? Lebak Cawéné adalah suatu lembah seperti cawan, yang
dikatakan di dalam Serat Musarar Joyoboyo sebagai Gunung Perahu. Tempat
itu digambarkan sebagai suatu lembah atau bukit dimana permukaannya
cekung seperti tertumbuk perahu besar. Dikatakan oleh bapak Budi
Marhaen, secara gambaran spiritual, di tempat itu terdapat 2 sumber air
besar dan ditandai dengan 3 pohon beringin (Ringin Telu).
Lebih lanjut dikatakan :
"Nu kasampak ngan kari gagak, keur ngelak dina tutunggul. Daréngékeun!
Jaman bakal ganti deui. tapi engké, lamun Gunung Gedé anggeus bitu,
disusul ku tujuh gunung. Génjlong deui sajajagat. Urang Sunda
disarambat; urang Sunda ngahampura. Hadé deui saka¬béhanana. Sanagara
sahiji deui. Nusa Jaya, jaya deui; sabab ngadeg ratu adil; ratu adil nu
sajati. Tapi ratu saha? Ti mana asalna éta ratu? Engké ogé dia nyaraho.
Ayeuna mah, siar ku dia éta budak angon! Jig geura narindak! Tapi, ulah
ngalieuk ka tukang!"
Artinya :
"Yang ditemui hanya gagak yang berkoar di dahan mati. Dengarkan! jaman
akan berganti lagi, tapi nanti, setelah Gunung Gede meletus, disusul
oleh tujuh gunung. Ribut lagi seluruh bumi. Orang sunda
dipanggil-panggil, orang sunda memaafkan. Baik lagi semuanya. Negara
bersatu kembali. Nusa jaya lagi, sebab berdiri ratu adil, ratu adil yang
sejati. Tapi ratu siapa? darimana asalnya sang ratu? Nanti juga kalian
akan tahu. Sekarang, carilah Anak Gembala. Segeralah pergi. Tapi ingat,
jangan menoleh ke belakang!"
Perlambang "gagak berkoar di dahan mati" bermakna situasi dimana banyak
suara-suara tanpa arti. Rakyat menjerit-jerit, penguasa mengumbar
janji-janji kosong. Sedangkan negara digambarkan banyak ditimpa bencana.
Sekarang ini banyak gunung di nusantara sedang aktif bahkan beberapa
gunung telah meletus. Ribut seluruh bumi merupakan lambang keresahan
dunia internasional dewasa ini terhadap perubahan iklim dunia dan
pemanasan global. Hal ini ditandai dengan banyak bencana yang terjadi di
banyak negara. Nampaknya kita sedang memasuki tahapan situasi ini. Mari
kita renungkan dan perhatikan dengan apa yang sedang terjadi di seluruh
negeri ini. Gunung-gunung telah mulai aktif, banyak terjadi bencana
dengan unsur Air, Api, Angin dan Tanah dimana-mana, banyak pula terjadi
huru-hara (demonstrasi/kerusuhan) sebagai lambang ketidakpuasan di
berbagai tempat. Apakah ini terjadi secara kebetulan ?
Tentu bagi yang memahami, ini semua adalah merupakan skenario langit.
Hal ini akan kita bedah lagi setelah sampai pada kesimpulan setelah kita
mengkaji karya-karya leluhur lainnya.
Wallahu a'lam bissawaab
Tidak ada komentar:
Posting Komentar