Jangan Sekalipun Melupakan Sejarahfree counters
Click for Kota Samarinda, Indonesia Forecast

Minggu, 18 November 2012

Utara

16 Nov 2012 07:10:00
Figur Wayang

Utara

Raden Utara adalah tokoh yang mempunyai watak pemberani, jujur, sabar. Pembawaannya tenang dan memegang teguh apa yang menjadi tanggungjawabnya.

Raden Utara dalam bentuk wayang kulit koleksi Tembi Rumah Budaya, (foto: Satono)
Raden Utara dalam bentuk wayang kulit
koleksi Tembi Rumah Budaya, (foto: Satono)
Raden Utara adalah anak nomor dua Prabu Matswapati yang berpasangan dengan Dewi Rekatawati. Adik dari Seta ini mempunyai dua adik yaitu Wratsangka dan Utari. Biasanya Raden Utara muncul bersama Raden Seta, kakaknya, dan Raden Wratsangka, adiknya.
Raden Utara tinggal di kasatrian Cemorojajar bersama istrinya yang bernama Dewi Triwati, putra Prabu Tasikkretna. Raden Utara adalah tokoh yang mempunyai watak pemberani, jujur, sabar. Pembawaannya tenang dan memegang teguh apa yang menjadi tanggungjawabnya.
Sepotong kisah, ketika Raden Utara akan mendapatkan Dewi Triwati. Prabu Tasikkretna memerintahkan kepada Raden Utara untuk melacak Dewi Triwati yang hilang secara misterius. Maka kemudian dicarinya Dewi Triwati hingga sampai di kerajaan Bulupitu, tempat Dewi Triwati disekap. Ternyata Dewi Triwati diculik oleh Girikusuma, anak raja dari Kerajaan Bulupitu, dan akan dijadikan istri.
Rupanya telah terjadi kerjasama antara bapak dan anak. Antara Girikusuma sebagai anak dan Prabu Prawata sebagai bapak. Mereka mempertahankan Dewi Triwati tetap berada di kerajaan Bulupitu, tidak boleh diminta oleh Utara. Akhirnya terjadi pertempuran. Raden Utara dibantu oleh Raden Wratsangka adiknya, berhasil mengalahkan Girikusuma dan Prabu Prawata, dan memboyong Dewi Triwati.
Atas keberhasilan Utara memboyong Dewi Triwati, Prabu Tasikkretna menyandingkan keduanya sebagai pasang suami istri.
Pada episode awal perang Baratayuda, Raden Utara diangkat menjadi senopati pengapit, mendampingi Raden Seta kakaknya.

Herjaka HS

Tidak ada komentar: