Jangan Sekalipun Melupakan Sejarahfree counters
Click for Kota Samarinda, Indonesia Forecast

Rabu, 14 November 2012

Naskah Prabu Siliwangi

[t-net] Naskah Prabu Siliwangi


KEPADA: 1 Lebih lanjut1 penerimaCC: penerimaAnda Lebih lanjutBCC: penerimaAnda

Sembunyikan Detail DARI:suryana KEPADA:tionghoa-net@yahoogroups.com Pesan berbendera Sabtu, 10 November 2012 23:42 Tulisan dibawah boleh aku dapat dari millis kota Bogor, dan aku kirim

ke T-net karena mengenai Bocah Angon nya memang "pernah " eksis

di Jaman cang Ato menjadi ahli spiritualnya, kemudian meninggalkannya

dan berganti nama menjadi aki gaul/bocah gaul dan sebelumnya

memakai nama Wali Musa.



Percaya dan tidaknya....mbuh gak ngerti, yg pasti berbuat kebaikan akan

menuai kebaikan, dan Indonesia sudah dekat utk di ayak.

++++



Naskah Prabu Siliwangi



Naskah Prabu Siliwangi mengandung hakekat yang sangat tinggi oleh

karena di dalamnya digambarkan situasi kondisi sosial beberapa masa

utama dengan karakter pemimpinnya dalam kurun waktu perjalanan panjang

sejarah negeri ini pasca kepergian Prabu Siliwangi

(ngahyang/menghilang). Peristiwa itu ditandai dengan menghilangnya

Pajajaran.



Sesuai sabda Prabu Siliwangi bahwa kelak kemudian akan ada banyak orang

yang berusaha membuka misteri Pajajaran. Namun yang terjadi mereka yang

berusaha mencari hanyalah 0rang-orang sombong dan takabur.



Seperti diungkapkan dalam naskah tersebut berikut ini :



"Ti mimiti poé ieu, Pajajaran leungit ti alam hirup. Leungit dayeuhna,

leungit nagarana. Pajajaran moal ninggalkeun tapak, jaba ti ngaran

pikeun nu mapay. Sabab bukti anu kari, bakal réa nu malungkir! Tapi

engké jaga bakal aya nu nyoba-nyoba, supaya anu laleungit kapanggih

deui. Nya bisa, ngan mapayna kudu maké amparan. Tapi anu marapayna loba

nu arieu-aing pang pinterna. Mudu arédan heula."



Artinya :



"Semenjak hari ini, Pajajaran hilang dari alam nyata. Hilang kotanya,

hilang negaranya. Pajajaran tidak akan meninggalkan jejak, selain nama

untuk mereka yang berusaha menelusuri. Sebab bukti yang ada akan banyak

yang menolak! tapi suatu saat akan ada yang mencoba, supaya yang hilang

bisa ditemukan kembali. Bisa saja, hanya menelusurinya harus memakai

dasar. Tapi yang menelusurinya banyak yang sok pintar dan sombong. Dan

bahkan berlebihan kalau bicara."



Namun dalam naskah Wangsit Siliwangi ini dikatakan bahwa pada akhirnya

yang mampu membuka misteri Pajajaran adalah sosok yang dikatakan sebagai

"Budak Angon" (Anak Gembala). Sebagai perlambang sosok yang dikatakan

oleh Prabu Siliwangi sebagai orang yang baik perangainya.



"Sakabéh turunan dia ku ngaing bakal dilanglang. Tapi, ngan di waktu anu

perelu. Ngaing bakal datang deui, nulungan nu barutuh, mantuan anu

sarusah, tapi ngan nu hadé laku-lampahna. Mun ngaing datang moal

kadeuleu; mun ngaing nyarita moal kadéngé. Mémang ngaing bakal datang.

Tapi ngan ka nu rancagé haténa, ka nu weruh di semu anu saéstu, anu

ngarti kana wangi anu sajati jeung nu surti lantip pikirna, nu hadé laku

lampahna. Mun ngaing datang; teu ngarupa teu nyawara, tapi méré céré ku

wawangi."



Artinya :



"Semua keturunan kalian akan aku kunjungi, tapi hanya pada waktu

tertentu dan saat diperlukan. Aku akan datang lagi, menolong yang perlu,

membantu yang susah, tapi hanya mereka yang bagus perangainya. Apabila

aku datang takkan terlihat; apabila aku berbicara takkan terdengar.

Memang aku akan datang tapi hanya untuk mereka yang baik hatinya, mereka

yang mengerti dan satu tujuan, yang mengerti tentang harum sejati juga

mempunyai jalan pikiran yang lurus dan bagus tingkah lakunya. Ketika aku

datang, tidak berupa dan bersuara tapi memberi ciri de¬ngan wewangian."



Selanjutnya dikatakan juga apa yang dilakukan oleh sosok "Budak Angon" ini

sbb :



"Aya nu wani ngoréhan terus terus, teu ngahiding ka panglarang; ngoréhan

bari ngalawan, ngalawan sabari seuri. Nyaéta budak angon; imahna di

birit leuwi, pantona batu satangtungeun, kahieuman ku handeuleum,

karimbunan ku hanjuang. Ari ngangonna? Lain kebo lain embé, lain méong

lain banténg, tapi kalakay jeung tutunggul. Inyana jongjon ngorehan,

ngumpulkeun anu kapanggih. Sabagian disumputkeun, sabab acan wayah

ngalalakonkeun. Engke mun geus wayah jeung mangsana, baris loba nu

kabuka jeung raréang ménta dilalakonkeun. Tapi, mudu ngalaman loba

lalakon, anggeus nyorang: undur jaman datang jaman, saban jaman mawa

lalakon. Lilana saban jaman, sarua jeung waktuna nyukma, ngusumah jeung

nitis, laju nitis dipinda sukma."



Artinya :



"Ada yang berani menelusuri terus menerus, tidak mengindahkan larangan,

mencari sambil melawan, melawan sambil tertawa. Dialah Anak Gembala;

Rumahnya di belakang sungai, pintunya setinggi batu, tertutupi pohon

handeuleum dan hanjuang. Apa yang dia gembalakan? bukan kerbau bukan

domba, bukan pula harimau ataupun banteng, tetapi ranting daun kering

dan sisa potongan pohon. Dia terus mencari, mengumpulkan semua yang dia

temui, tapi akan menemui banyak sejarah/kejadian, selesai jaman yang

satu datang lagi satu jaman yang jadi sejarah/kejadian baru, setiap

jaman membuat sejarah. Setiap waktu akan berulang itu dan itu lagi."



Dari bait di atas digambarkan bahwa sosok "Budak Angon" adalah sosok

yang misterius dan tersembunyi. Apa yang dilakukannya bukanlah seperti

seorang penggembala pada umumnya, akan tetapi terus berjalan mencari

hakekat jawaban dan mengumpulkan apa yang menurut orang lain dianggap

sudah tidak berguna atau bermanfaat. Dalam hal ini dilambangkan dengan

ranting daun kering dan tunggak pohon. Sehingga secara hakekat yang

dimaksudkan semua itu sebenarnya adalah hal-hal yang berkaitan dengan

sejarah kejadian (asal-usul/sebab-musabab) termasuk karya-karya warisan

leluhur seperti halnya yang kita baca ini. Dimana hal-hal semacam itu

karena kemajuan jaman oleh generasi digital sekarang ini dianggap sudah

usang/kuno tidak berguna dan bermanfaat. Pada akhirnya yang tersirat

dalam hakekat perjalanan panjang sejarah negeri ini adalah berputarnya

Roda Cokro Manggilingan (pengulangan perjalanan sejarah).



Gambaran situasi jaman dalam naskah Wangsit Siliwangi diawali dengan

lambang datangnya "Kerbau Bule" dan juga "Monyet-monyet" yang kemudian

ganti menyerbu selepas Kerbau Bule pergi. Ilustrasi ini melambangkan

saat datangnya para penjajah yang berdatangan ke negeri ini, baik itu

Portugis maupun Belanda. Dengan politik adu domba mereka maka terjadi

peperangan antar saudara. Sejarah banyak yang hilang dan

diputarbalikkan.



Seperti yang tertulis berikut ini :



"Daréngékeun! Nu kiwari ngamusuhan urang, jaradi rajana ngan bakal nepi

mangsa: tanah bugel sisi Cibantaeun dijieun kandang kebo dongkol. Tah di

dinya, sanagara bakal jadi sampalan, sampalan kebo barulé, nu diangon

ku jalma jangkung nu tutunjuk di alun-alun. Ti harita, raja-raja

dibelenggu. Kebo bulé nyekel bubuntut, turunan urang narik waluku, ngan

narikna henteu karasa, sabab murah jaman seubeuh hakan.



Ti dinya, waluku ditumpakan kunyuk; laju turunan urang aya nu lilir,

tapi lilirna cara nu kara hudang tina ngimpi. Ti nu laleungit, tambah

loba nu manggihna. Tapi loba nu pahili, aya kabawa nu lain mudu diala!

Turunan urang loba nu hanteu engeuh, yén jaman ganti lalakon ! Ti dinya

gehger sanagara. Panto nutup di buburak ku nu ngaranteur pamuka jalan;

tapi jalan nu pasingsal!. Nu tutunjuk nyumput jauh; alun-alun jadi

suwung, kebo bulé kalalabur; laju sampalan nu diranjah monyét! Turunan

urang ngareunah seuri, tapi seuri teu anggeus, sabab kaburu: warung béak

ku monyét, sawah béak ku monyét, leuit béak ku monyét, kebon béak ku

monyét, sawah béak ku monyét, cawéné rareuneuh ku monyét. Sagala-gala

diranjah ku monyét. Turunan urang sieun ku nu niru-niru monyét. Panarat

dicekel ku monyet bari diuk dina bubuntut. Walukuna ditarik ku turunan

urang keneh. Loba nu paraeh kalaparan. ti dinya, turunan urang

ngarep-ngarep pelak jagong, sabari nyanyahoanan maresék caturangga.

Hanteu arengeuh, yén jaman geus ganti deui lalakon."



Artinya :



"Dengarkan! yang saat ini memusuhi kita, akan berkuasa hanya untuk

sementara waktu : tanahnya kering padahal di pinggir sungai Cibantaeun

dijadikan kandang kerbau kosong. Nah di situlah, sebuah negara akan

pecah, pecah oleh kerbau bule, yang digembalakan oleh orang yang tinggi

dan memerintah di pusat kota. Semenjak itu, raja-raja dibelenggu. Kerbau

bule memegang kendali, dan keturunan kita hanya jadi orang suruhan.

Tapi kendali itu tak terasa sebab semuanya serba dipenuhi dan murah

serta banyak pilihan.Semenjak itu, pekerjaan dikuasai monyet. Suatu saat

nanti keturunan kita akan ada yang sadar, tapi sadar seperti terbangun

dari mimpi. Dari yang hilang dulu semakin banyak yang terbongkar. Tapi

banyak yang tertukar sejarahnya, banyak yang dicuri bahkan dijual!

Keturunan kita banyak yang tidak tahu, bahwa jaman sudah berganti! Pada

saat itu geger di seluruh negara. Pintu dihancurkan oleh mereka para

pemimpin, tapi pemimpin yang salah arah!Yang memerintah bersembunyi,

pusat kota kosong, kerbau bule kabur. Negara pecahan diserbu monyet!

keturunan kita enak tertawa, tapi tertawa yang terpotong, sebab

ternyata, pasar habis oleh penyakit, sawah habis oleh penyakit, tempat

padi habis oleh penyakit, kebun habis oleh penyakit, perempuan hamil

oleh penyakit. semuanya diserbu oleh penyakit. Keturunan kita takut oleh

segala yang berbau penyakit. Semua alat digunakan untuk menyembuhkan

penyakit sebab sudah semakin parah. yang mengerjakannya masih bangsa

sendiri. Banyak yang mati kelaparan. Semenjak itu keturunan kita banyak

yang berharap bisa bercocok tanam sambil sok tahu membuka lahan. Mereka

tidak sadar bahwa jaman sudah berganti cerita lagi."



Kemudian akhirnya masuk pada masa Perang Dunia II dengan datangnya

pasukan Jepang yang dilambangkan dengan gemuruh yang datang dari ujung

laut utara. Dimana masa penjajahan Jepang menandai berakhirnya

penindasan di negeri ini. Terutama peristiwa jatuhnya bom atom di

Nagasaki dan Hiroshima oleh Amerika, sebagai perlambang dalam naskah

Wangsit Siliwangi bahwa situasi carut marut yang terjadi ada yang

menghentikan yaitu orang seberang.



"Laju hawar-hawar, ti tungtung sagara kalér ngaguruh ngagulugur, galudra

megarkeun endog. Génjlong saamparan jagat! Ari di urang ? Ramé ku nu

mangpring. Pangpring sabuluh-buluh gading. Monyét ngumpul ting rumpuyuk.

Laju ngamuk turunan urang; ngamukna teu jeung aturan. loba nu paraéh

teu boga dosa. Puguh musuh, dijieun batur; puguh batur disebut musuh.

Ngadak-ngadak loba nu pangkat nu maréntah cara nu édan, nu bingung

tambah baringung; barudak satepak jaradi bapa. nu ngaramuk tambah rosa;

ngamukna teu ngilik bulu. Nu barodas dibuburak, nu harideung

disieuh-sieuh. Mani sahéng buana urang, sabab nu ngaramuk, henteu beda

tina tawon, dipaléngpéng keuna sayangna. Sanusa dijieun jagal. Tapi,

kaburu aya nu nyapih; nu nyapihna urang sabrang."



Artinya :



"Lalu sayup-sayup dari ujung laut utara terdengar gemuruh, burung

menetaskan telur. Riuh seluruh bumi! sementara di sini? Ramai oleh

perang, saling menindas antar sesama. Penyakit bermunculan di sana sini.

Lalu keturunan kita mengamuk: mengamuk tanpa aturan. Banyak yang mati

tanpa dosa, jelas-jelas musuh dijadikan teman; yang jelas-jelas teman

dijadikan musuh. Mendadak banyak pemimpin dengan caranya sendiri. yang

bingung semakin bingung. Banyak anak kecil sudah menjadi bapa. Yang

mengamuk tambah berkuasa; mengamuk tanpa pandang bulu. Yang Putih

dihancurkan, yang Hitam diusir. Kepulauan ini semakin kacau, sebab

banyak yang mengamuk, tidak beda dengan tawon, hanya karena dirusak

sarangnya. Seluruh nusa dihancurkan dan dikejar. Tetapi, ada yang

menghentikan, yang menghentikan adalah orang seberang."



Lalu selanjutnya terdapat suatu masa yang digambarkan dengan munculnya

seorang pemimpin negeri ini dengan gambaran sbb :



"Laju ngadeg deui raja, asalna jalma biasa. Tapi mémang titisan raja.

Titisan raja baheula jeung biangna hiji putri pulo Dewata. da puguh

titisan raja; raja anyar hésé apes ku rogahala!"



Artinya :



"Lalu berdiri lagi penguasa yang berasal dari orang biasa. Tapi memang

keturunan raja dahulu kala dan ibunya adalah seorang putri Pulau Dewata.

Karena jelas keturunan raja; penguasa baru susah dianiaya!"



Siapakah sosok yang dimaksud dalam bait ini? Dia adalah Soekarno,

Presiden RI pertama. Ibunda Soekarno adalah Ida Ayu Nyoman Rai seorang

putri bangsawan Bali. Ayahnya seorang guru bernama Raden Soekeni

Sosrodihardjo. Namun dari penelusuran secara spiritual, ayahanda

Soekarno sejatinya adalah Kanjeng Susuhunan Pakubuwono X. Nama kecil

Soekarno adalah Raden Mas Malikul Koesno. Beliau termasuk "anak ciritan"

dalam lingkaran kraton Solo. (Silakan dibuktikan..) Pada masa

kepemimpinan Soekarno banyak terjadi upaya pembunuhan terhadap diri

beliau, namun selalu saja terlindungi dan terselamatkan.



Selanjutnya setelah berganti masa digambarkan bahwa semakin maju semakin

banyak penguasa yang buta tuli, memerintah sambil menyembah berhala.

Kondisi ini melambangkan pemimpin yang tidak mau mengerti penderitaan

rakyat. Memerintah tidak dengan hati tapi segala sesuatunya hanya

mengandalkan akal pikiran/logika dan kepentingan pribadi ataupun

kelompok sebagai berhalanya. Sehingga yang terjadi digambarkan banyak

muncul peristiwa di luar penalaran. Menjadikan orang-orang pintar hanya

bisa omong alias pinter keblinger.



Seperti yang dikatakan sbb :



"Mingkin hareup mingkin hareup, loba buta nu baruta, naritah deui

nyembah berhala. Laju bubuntut salah nu ngatur, panarat pabeulit dina

cacadan; da nu ngawalukuna lain jalma tukang tani. Nya karuhan: taraté

hépé sawaréh, kembang kapas hapa buahna; buah paré loba nu teu asup kana

aseupan. Da bonganan, nu ngebonna tukang barohong; nu tanina ngan

wungkul jangji; nu palinter loba teuing, ngan pinterna kabalinger."



Artinya :



"Semakin maju semakin banyak penguasa yang buta tuli, memerintah sambil

menyembah berhala. Lalu anak-anak muda salah pergaulan, aturan hanya

menjadi bahan omong¬an, karena yang membuatnya bukan orang yang mengerti

aturan itu sendiri. Sudah pasti: bunga teratai hampa sebagian, bunga

kapas kosong buahnya, buah pare banyak yang tidak masuk kukusan. Sebab

yang berjanjinya banyak tukang bohong, semua diberangus janji-janji

belaka, terlalu banyak orang pintar, tapi pintar keblinger."



Lalu dalam situasi dan kondisi tersebut yang tidak berbeda dengan saat

ini kemudian muncul sosok orang yang dikatakan dalam naskah Wangsit

Siliwangi sbb :



"Ti dinya datang budak janggotan. Datangna sajamang hideung bari nyorén

kanéron butut, ngageuingkeun nu keur sasar, ngélingan nu keur paroho.

Tapi henteu diwararo! Da pinterna kabalinger, hayang meunang sorangan.

Arinyana teu areungeuh, langit anggeus semu beureum, haseup ngebul tina

pirunan. Boro-boro dék ngawaro, malah budak nu janggotan, ku arinyana

ditéwak diasupkeun ka pangbérokan. Laju arinyana ngawut-ngawut dapur

batur, majarkeun néangan musuh; padahal arinyana nyiar-nyiar pimusuheun.

Sing waspada! Sabab engké arinyana, bakal nyaram Pajajaran

didongéngkeun. Sabab sarieuneun kanyahoan, saenyana arinyana anu jadi

gara-gara sagala jadi dangdarat. Buta-buta nu baruta; ming¬kin hareup

mingkin bedegong, ngaleuwihan kebo bulé. Arinyana teu nyaraho, jaman

manusa dikawasaan ku sato!"



Artinya :



"Pada saat itu datang pemuda berjanggut, datangnya memakai baju serba

hitam sambil menyanding sarung tua. Membangunkan semua yang salah arah,

mengingatkan pada yang lupa, tapi tidak dianggap. Karena pintar

keblinger, maunya menang sendiri. Mereka tidak sadar, langit sudah

memerah, asap mengepul dari perapian. Alih-alih dianggap, pemuda

berjanggut ditangkap dimasukan ke penjara. Lalu mereka mengacak-ngacak

tanah orang lain, beralasan mencari musuh tapi sebenarnya mereka sengaja

membuat permusuhan. Waspadalah! sebab mereka nanti akan melarang untuk

menceritakan Pajajaran. Sebab takut ketahuan, bahwa me¬reka yang jadi

gara-gara selama ini. Penguasa yang buta, semakin hari semakin berkuasa

melebihi kerbau bule, mereka tidak sadar jaman manusia sudah dikuasai

oleh kelakuan hewan."



Sosok "Pemuda Berjanggut" di atas adalah lambang laki-laki sejati yang

sangat kuat prinsip dan akidahnya serta selalu eling (dilambangkan

dengan baju serba hitam). Dan dia juga seorang yang tekun dan taat

beribadah serta kuat dalam memegang ajaran leluhur (dilambangkan dengan

menyanding sarung tua). Digambarkan bahwa di tengah situasi negeri yang

panas membara (carut marut) dimana manusia dipenuhi nafsu angkara,

"Pemuda Berjanggut" datang mengingatkan yang pada lupa untuk kembali

eling. Namun tidak dianggap.



Lalu pada alinea menjelang akhir dikatakan :



"Jayana buta-buta, hanteu pati lila; tapi, bongan kacarida teuing

nyangsara ka somah anu pada ngarep-ngarep caringin reuntas di alun-alun.

Buta bakal jaradi wadal, wadal pamolahna sorangan. Iraha mangsana?

Engké, mun geus témbong budak angon! Ti dinya loba nu ribut, ti dapur

laju salembur, ti lembur jadi sanagara! Nu barodo jaradi gélo marantuan

nu garelut, dikokolotan ku budak buncireung! Matakna garelut?

Marebutkeun warisan. Nu hawek hayang loba; nu boga hak marénta

bagianana. Ngan nu aréling caricing. Arinyana mah ngalalajoan. Tapi

kabarérang."



Artinya :



"Kekuasaan penguasa buta tidak berlangsung lama, tapi karena sudah

kelewatan menyengsarakan rakyat yang sudah berharap agar ada mu'jizat

datang untuk mereka. Penguasa itu akan menjadi tumbal, tumbal untuk

perbuatannya sendiri. Kapan waktunya? Nanti, saat munculnya Anak

Gembala! Di situ akan banyak huru-hara, yang bermula di satu daerah

semakin lama semakin besar meluas di seluruh negara. Yang tidak tahu

menjadi gila dan ikut-ikutan menyerobot dan bertengkar, dipimpin oleh

pemuda gendut! Sebabnya bertengkar? memperebutkan tanah. Yang sudah

punya ingin lebih, yang berhak meminta bagiannya. Hanya yang sadar pada

diam, mereka hanya menonton tapi tetap terbawa-bawa."



Situasi tersebut di atas adalah gambaran apa yang terjadi sekarang ini.

Kalau kita perhatikan dengan cermat alinea ini, maka memang saat ini

seluruh rakyat sedang berharap-harap menunggu datangnya mu'jizat di

tengah-tengah carut marut yang sedang berlangsung di negeri ini. Bencana

datang bertubi-tubi. Huru-hara terjadi di mana-mana. Pemuda Gendut

merupakan lambang orang yang rakus dan serakah serta memiliki

kepentingan pribadi. Dalam bait ini dikatakan bahwa penguasa tersebut

akan tumbang pada saat munculnya "Budak Angon". Dimana kemunculannya

ditandai dengan banyak terjadi huru-hara yang bermula di daerah lalu

meluas ke seluruh negeri.



Dalam mengkaji Wangsit Siliwangi ini kita telah menemui lelakon atau

pemeran utama yang dikatakan dengan istilah "Budak Angon" (Anak Gembala)

dan "Budak Janggotan" (Pemuda Berjanggut).



Coba mari kita simak alinea berikut :



"Nu garelut laju rareureuh; laju kakara arengeuh; kabéh gé taya nu

meunang bagian. Sabab warisan sakabéh béak, béakna ku nu nyarekel

gadéan. Buta-buta laju nyarusup, nu garelut jadi kareueung, sarieuneun

ditempuhkeun leungitna nagara. Laju naréangan budak angon, nu saungna di

birit leuwi nu pantona batu satangtung, nu dihateup ku handeuleum

ditihangan ku hanjuang. Naréanganana budak tumbal. sejana dék marénta

tumbal. Tapi, budak angon enggeus euweuh, geus narindak babarengan jeung

budak anu janggotan; geus mariang pindah ngababakan, parindah ka Lebak

Cawéné!"



Artinya :



"Yang bertengkar lalu terdiam dan sadar ternyata mereka memperebutkan

pepesan kosong, sebab tanah sudah habis oleh mereka yang punya uang.

Para penguasa lalu menyusup, yang bertengkar ketakutan, ketakutan

kehilangan negara, lalu mereka mencari Budak Angon, yang rumahnya di

ujung sungai yang pintunya setinggi batu, yang rimbun oleh pohon

handeuleum dan hanjuang. Semua mencari tumbal, tapi Budak Angon sudah

tidak ada, sudah pergi bersama Budak Janggotan, pergi membuka lahan baru

di Lebak Cawéné!"



Perselisihan yang terjadi adalah sia-sia belaka. Karena selalu saja

pihak penguasa membantu yang kuat, berdiri angkuh di atas yang lemah.

Ada saat dimana "wong cilik" sebagai lambang "si lemah yang tertindas"

mencari penuh harap sosok "Budak Angon dan Budak Janggotan." Namun yang

dicari sulit ditemukan karena telah pergi ke Lebak Cawéné. Dimanakah

Lebak Cawéné ? Lebak Cawéné adalah suatu lembah seperti cawan, yang

dikatakan di dalam Serat Musarar Joyoboyo sebagai Gunung Perahu. Tempat

itu digambarkan sebagai suatu lembah atau bukit dimana permukaannya

cekung seperti tertumbuk perahu besar. Dikatakan oleh bapak Budi

Marhaen, secara gambaran spiritual, di tempat itu terdapat 2 sumber air

besar dan ditandai dengan 3 pohon beringin (Ringin Telu).



Lebih lanjut dikatakan :



"Nu kasampak ngan kari gagak, keur ngelak dina tutunggul. Daréngékeun!

Jaman bakal ganti deui. tapi engké, lamun Gunung Gedé anggeus bitu,

disusul ku tujuh gunung. Génjlong deui sajajagat. Urang Sunda

disarambat; urang Sunda ngahampura. Hadé deui saka¬béhanana. Sanagara

sahiji deui. Nusa Jaya, jaya deui; sabab ngadeg ratu adil; ratu adil nu

sajati. Tapi ratu saha? Ti mana asalna éta ratu? Engké ogé dia nyaraho.

Ayeuna mah, siar ku dia éta budak angon! Jig geura narindak! Tapi, ulah

ngalieuk ka tukang!"



Artinya :



"Yang ditemui hanya gagak yang berkoar di dahan mati. Dengarkan! jaman

akan berganti lagi, tapi nanti, setelah Gunung Gede meletus, disusul

oleh tujuh gunung. Ribut lagi seluruh bumi. Orang sunda

dipanggil-panggil, orang sunda memaafkan. Baik lagi semuanya. Negara

bersatu kembali. Nusa jaya lagi, sebab berdiri ratu adil, ratu adil yang

sejati. Tapi ratu siapa? darimana asalnya sang ratu? Nanti juga kalian

akan tahu. Sekarang, carilah Anak Gembala. Segeralah pergi. Tapi ingat,

jangan menoleh ke belakang!"



Perlambang "gagak berkoar di dahan mati" bermakna situasi dimana banyak

suara-suara tanpa arti. Rakyat menjerit-jerit, penguasa mengumbar

janji-janji kosong. Sedangkan negara digambarkan banyak ditimpa bencana.

Sekarang ini banyak gunung di nusantara sedang aktif bahkan beberapa

gunung telah meletus. Ribut seluruh bumi merupakan lambang keresahan

dunia internasional dewasa ini terhadap perubahan iklim dunia dan

pemanasan global. Hal ini ditandai dengan banyak bencana yang terjadi di

banyak negara. Nampaknya kita sedang memasuki tahapan situasi ini. Mari

kita renungkan dan perhatikan dengan apa yang sedang terjadi di seluruh

negeri ini. Gunung-gunung telah mulai aktif, banyak terjadi bencana

dengan unsur Air, Api, Angin dan Tanah dimana-mana, banyak pula terjadi

huru-hara (demonstrasi/kerusuhan) sebagai lambang ketidakpuasan di

berbagai tempat. Apakah ini terjadi secara kebetulan ?



Tentu bagi yang memahami, ini semua adalah merupakan skenario langit.



Hal ini akan kita bedah lagi setelah sampai pada kesimpulan setelah kita

mengkaji karya-karya leluhur lainnya.



Wallahu a'lam bissawaab



Tidak ada komentar: